SEO vs SEM, Yang mana Lebih Cocok untuk Bisnis Kamu?

SEO vs SEM, Yang mana Lebih Cocok untuk Bisnis Kamu?

SEO vs SEM ialah dua strategi digital marketing yang dapat kamu kerjakan untuk optimasi untuk tingkatkan visibitas web anda. Dengan punyai tujuan yang masih sama, rupanya SEO vs SEM punyai perbedaan dari cara kerjanya. Untuk mengetahaui tehnik apa yang bisa dipakai dalam bisnis digital mu, karena itu kenali terlebih dahulu perbedaan di antara SEO vs SEM di artikel berikut.

SEO vs SEM: Apa Itu SEO dan Apa Itu SEM?

Apa Itu SEO?

SEO ialah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan rangkaian tehnik yang dipakai untuk tingkatkan rangking sebuah website pada hasil organik mesin perayap. Tujuan khusus SEO untuk tingkatkan visibility website dengan alami, dengan cara membenahi beragam komponen seperti keyword, content, dan link, hingga mesin perayap seperti Google bisa mengindeks dan tampilkan website itu di rangking lebih tinggi.

Salah satunya faktor khusus dari SEO ialah optimalisasi content. Ini mengikutsertakan pemakaian keyword yang berkaitan dalam content website, dan pembikinan content berkualitas tinggi yang penuhi keperluan pemakai dan memberi nilai lebih. Disamping itu, faktor tehnis seperti susunan situs, kecepatan loading, dan keamanan mainkan peranan penting pada SEO.

Apa Itu SEM?

Di lain sisi, SEM atau Search Engine Marketing ialah praktek pasarkan website dengan bayar untuk tampilkan iklan pada hasil mesin perayap. Salah satunya bentuk umum dari SEM ialah iklan berbayar per click (PPC), di mana advertiser bayar saat pengguna mengeklik iklan mereka. Google AdWords adalah basis SEM yang terpopuler, yang memungkinkannya advertiser untuk tampilkan iklan mereka di halaman hasil penelusuran Google.

Tujuan khusus SEM untuk memperoleh lalu lintas selekasnya dan tingkatkan visibility website lewat iklan berbayar. Dengan memakai SEM, advertiser bisa menarget keyword tertentu dan tampilkan iklan mereka ke audience yang berkaitan. Disamping itu, SEM memungkinkannya advertiser untuk menghitung dan menganalisa performa iklan mereka dengan lebih bagus, hingga mereka bisa memaksimalkan kampanye mereka untuk hasil yang lebih bagus.

Kesamaan SEO dan SEM

Walaupun ke-2 nya berlainan dalam pendekatan, baik SEO atau SEM mempunyai tujuan yang masih sama, yakni tingkatkan visibility website. Ke-2 nya tergantung pada keyword untuk capai hasil yang diharapkan. Baik SEO atau SEM membutuhkan riset keyword yang teliti untuk pastikan jika content atau iklan mereka berkaitan dengan yang dicari oleh para pengguna.

Perbedaan SEO dan SEM

Walaupun SEO dan SEM mempunyai tujuan yang masih sama, ada banyak perbedaan kunci di antara ke-2 nya. Salah satunya perbedaan khusus ialah dalam cara mereka meraih tujuan mereka.

SEO SEM
Biaya Trafik Tidak ada biaya yang dikenai tiap ada audience yang mengeklik hasil penelusuran Ada biaya yang dikenai saat audiens mengeklik hasil penelusuran
Audience Tidak dapat pilih audience Dapat pilih sasaran audience
Waktu Cukup lam untuk hasilkan trafik Secepat mungkin hasilkan trafik
Periode Pemakaian Bisa untuk investasi periode panjang Waktu stop membayar, trafik akan stop
Tingkat Kepercayaan Lebih tinggi Lebih rendah karena audience ketahui jika mekanisme iklan ialah berbayar
CTR Bisa semakin tinggi dari SEM bila ada di rangking 3 paling atas mesin pencari Semakin tinggi bila optimisasi SEO tetap ada di bawah rangking 3 Search Engine
Testing Tidak dapat lakukan testing kata kunci Dapat lakukan testing kata kunci dan segara mungkin mengoreksi

 

SEO vs SEM: Yang mana Lebih Cocok?

Pertanyaan yang kerap disodorkan ialah, yang mana lebih bagus: SEO atau SEM? Jawabnya sebetulnya bergantung pada kebutuhan dan tujuan detil dari tiap bisnis. SEO condong menjadi opsi yang lebih bagus untuk bisnis yang ingin membuat kedatangan online periode panjang dan melakukan investasi dalam taktik marketing yang berkesinambungan.

Di lain sisi, SEM bisa menjadi opsi yang lebih bagus untuk bisnis yang ingin tingkatkan visibility mereka dengan cepat atau untuk promosi digital marketing yang memiliki sifat angin-anginan atau terbatasi waktu. Tetapi, penting untuk dikenang jika SEM membutuhkan anggaran iklan lebih besar dan bisa menjadi tidak efektif bila tidak diatur baik.

Ingin Tingkatkan Trafik SEO dan SEM Bisnis Kamu? Exito Bali Jawabnya!

Kesimpulannya, baik SEO atau SEM mempunyai peranan penting pada taktik marketing digital. Gabungan ke-2 nya bisa memberi hasil yang maksimal. Jangan melupakan untuk selalu meng ikuti perubahan algoritme mesin perayap dan sesuaikan taktik mu sama sesuai keperluan.

Untuk tingkatkan efektifitas SEO dan SEM Anda, Exito Bali tawarkan jalan keluar terpadu yang bisa menolong tingkatkan visibility online bisnis kamu dan menjadi Jasa SEO di Bali yang terbaik dan terpercaya. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang dalam dalam industri digital, Exito Bali bisa menjadi agen yang pas untuk memaksimalkan taktik marketing digital kamu.

Related Post
Inilah! 5 Rekomendasi CMS

September 12, 2024

9 Langkah Lakukan Social

September 10, 2024